Populer Saja Tak Cukup

POPULER SAJA TAK CUKUP

Ya, populer saja memang tak cukup. Terbukti Fakultas Kedokteran Unila yang sudah berdiri sejak kurang lebih sembilan tahun ini cukup menyita perhatian masyarkat. Persaingan untuk menjadi salah satu mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Unila ini masih terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu tidak diherankan jika masyarakat masih sangat membutuhkan informasi yang lebih lanjut mengenai Fakultas Kedokteran Unila.

Untuk menjawab tantangan itulah, maka diadakan kegiatan kemahasiswaan BEM Fakultas Kedokteran Universitas Lampung yang dinamakan “Putih Abu-Abu”. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu program kerja Dinas Pendidikan dan Penelitian serta Dinas Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Kedokteran Unila periode 2009-2010. Tema kegiatan ini adalah “Hold Your Present, Embrace your Future”.

Sesuai dengan namanya, “Putih Abu-Abu” merupakan rangkaian kegiatan kemahasiswaan yang terdiri dari Medical Goes To School dan Try Out SNMPTN 2010. Keduanya memiliki sasaran yang sama yaitu remaja Putih Abu-Abu, alias siswa - siswi SMA se-Provinsi Lampung.



Medical Goes To School
Medical Goes To School merupakan kegiatan yang bertujuan memperkenalkan lebih lanjut mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, sehingga diharapkan siswa – siswi SMA terutama di Provinsi Lampung tertarik untuk menjadikan Fakultas Kedokteran Unila sebagai salah satu pilihannya pada ujian saringan masuk ke perguruan tinggi.

Selain pengenalan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, kegiatan Medical Goes To School juga berisi penyuluhan kesehatan kepada siswa-siswi SMA se-Provinsi Lampung. Penyuluhan kesehatan itu memiliki tema Efek Masturbasi dan Onani bagi Kesehatan. Tema tersebut dipilih berdasarkan keprihatinan kita sebagai mahasiswa kedokteran terhadap fakta yang mengejutkan. Fakta tersebut menyatakan bahwa remaja, khususnya siswa-siswi SMA, sebanyak delapan dari sepuluh pria pernah melakuka onani. Sebagian mereka merupakan korban dari canggihnya komunikasi di era modern ini, baik melalui tontonan yang tidak sesuai, maupun pengaruh lingkungan sekitar yang dapat menjerumuskan mereka ke dalam tindakan tersebut.

Panita Medical Goes to School merupakan anggota BEM Fakultas Kedokteran periode 2009-2010 dan beberapa orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Unila yang merupakan alumni dari SMA yang menjadi target Medical Goes to School. Sehingga, keseluruhan panitia berjumlah 50 orang

Medical Goes to School dilaksanakan selama dua hari. Pertama, pada tanggal 6 Februari 2010, Medical Goes to School dilaksanakan di SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Kedua, pada tanggal 13 Februari 2010, Medical Goes To School dilaksanakan di tiga kota/kabupaten, diantaranya Kota Metro, Kabupaten Lampung Tengah, dan Kota Bandar Lampung. Panitia sebanyak 50 orang, diantaranya 10 orang panitia bertugas ke luar Kota Bandar Lampung, sedangkan 40 orang bertugas di Kota Bandar Lampung.








SMA tersebut diantaranya adalah :
  •  SMA Negeri 1 Terbanggi Besar
  •  SMA Negeri 1 Kota Gajah
  •  SMA Negeri 1 Kota Metro
  • SMA Negeri 1 Bandar Lampung
  •  SMA Negeri 2 Bandar Lampung
  • SMA Negeri 4 Bandar Lampung
  • SMA Negeri 9 Bandar Lampung
  • SMA Negeri 16 Bandar Lampung
  • SMA YP Unila



Try Out Putih Abu – Abu SNMPTN 2010

Try Out Putih Abu – Abu SNMPTN 2010 ini merupakan salah satu program kerja dari Dinas Pendidikan dan Penelitian serta Dinas Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Kedokteran Unila 2009-2010. Oleh karena itu, try out ini adalah bentuk pengabdian mahasiswa kedokteran Unila terhadap masyarakat, khususnya siswa – siswi SMA yang diharapkan kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana bagi mereka untuk mengetahui sejauh mana kesiapan mereka dalam menghadapi ujian saringan masuk perguruan tinggi atau lebih dikenal dengan SNMPTN.

Kegiatan Try Out Putih Abu – Abu SNMPTN 2010 ini dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2010 di Gedung Serba Guna Unila. Kegiatan dimulai pukul 07.00 s.d. 12.30 WIB.

Peserta Try Out meliputi siswa-siswi SMA se-Provinsi Lampung sebanyak 209 orang. Dengan perbandingan antara siswa – siswi SMA baik IPA maupun IPS sebesar 150 IPA dan 59 IPS. Sedangkan panitia pelaksana adalah 25 orang Staff Ahli BEM Fakultas Kedokteran 2009-2010, Tim Bantuan Medis sebanyak 10 orang, 2 orang MC, dan 10 orang dari pihak bimbingan belajar.

Try Out Putih Abu – Abu SNMPTN 2010 didukung oleh beberapa sponsorship, diantaranya Nurul Fikri Kartini, Nurul Fikri Raja Basa, dan Nurul Fikri Metro, Radio OZ Lampung, Radio RRI Bandar Lampung, Koran Tribun Lampung, GSM 3, Sosro, Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, Percetakan Indrajaya, Percetakan Retina, Optik Modern, ILP (International Language Program), serta Bank BNI.

Try Out Putih Abu – Abu SNMPTN 2010 meliputi Tes Kemampuan Dasar dan Kemampuan IPA/IPS. Selain itu, acara ini dimeriahkan oleh pertunjukan Rollick Band, pertunjukan akustik dari Mahasiswa/i Kedokteran Unila angkatan 2009, dan pertunjukan band perwakilan peserta try out yang dipilih sebagai perwakilan dari sekolahnya yang telah menjadi pendaftar try out terbanyak.



Acara try out juga diramaikan oleh stan –stan, diantaranya adalah Stan Kesehatan oleh Pakis Rescue Team, Stan Konsultasi mengenai Persiapan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung oleh panitia yang didampingi oleh dr. Syazili Mustofa, serta Stan Penjualan Minuman. Stan – stan tersebut berguna sebagai sarana pemenuhan kebutuhan informasi siswa – siswi SMA se-Provinsi Lampung terhadap Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.



Kemudian pada pukul 12.30 dilaksanakan penutupan acara yang diisi dengan pengumuman hasil Try Out, pembagian hadiah piala dan voucher bimbingan belajar NF dan International Language Program untuk peringkat 1,2, dan 3 baik IPA maupun IPS. Selanjutnya pembagian doorprize yang berjumlah 30 buah, diantaranya adalah handphone, flashdisk, buku, jam dinding, pin Kedokteran Unila, voucher dari Optik Modern, voucher bimbingan belajar NF, voucher les International Language Program, serta pembahasan beberapa soal Matematika Dasar selama 30 menit oleh perwakilan dari pihak NF*




-Nora Ramkita-

0 comments:

Post a Comment