Konsep Mandala of Health

Alhamdulillah stase kepaniteraan ilmu kodokteran komunitas sudah komplit dijalani. Selama 8 minggu, dengan 3 minggu belajar di kedokteran perusahaan PT Gunung Madu Plantation, dan 4 minggu di Puskesmas Kota Karang, serta 1 minggu ujian. Dalam kurun waktu tersebut, atas izin Allah telah memberikan satu warna baru dalam proses ini. Di sini ada sudut pandang ilmu kedokteran yang menarik yang sebaiknya dipahami oleh pelakonnya.

World Health Organization (WHO) mendefinisikan sehat sebagai berikut:
Health is a state of complete physical, mental, and social well-being and not merely the absence of disesae or infirmity. Sehat adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental, dan sosial, dan tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. 
Kita bisa belajar dari WHO, ada pula sudut pandang lain yang membahas mengenai komponen - komponen yang mempengaruhi status kesehatan seseorang, yaitu diagram Mandala of Health. Konsep ini dikenalakan oleh Mandala, dan di kepaniteraan ini dokter RE Rizal Effendy yang mengenalkannya kepada kami. :)

Dalam konsep Mandala of Health ini, ada 3 komponen penting yang menyusun manusia secara utuh:
1. Body
2. Mind
3. Spirit

Mandala of Health
Sumber: livelonger.health.gov.au

Banyaknya faktor penentu status kesehatan dapat dilihat pada diagram tersebut. Yang ingin ditekankan adalah biologi manusia hanyalah satu bagian komponen dalam kerangka tersebut. Para dokter cenderung lebih banyak menempatkan penekanan pada biologi manusia, fisiologi manusia, dan penyakitnya daripada mencari akar permasalahannya.

Ini pengalaman pribadi sang guru,
Suatu hari ia ditugasakan sebagai dokter yang meneyeleksi calon jemaah haji, menilai kelayakan status kesehatan para calon jemaah. Ketika itu, datanglah seorang pria, tampak kerutan yang makin tegas di wajahnya, menandakan ia sudah tak muda lagi. Pria itu mengatkan bahwa ia sudah hampir puluhan kali tidak dizinkan untuk berangkat haji karena memiliki penyakit jantung dan berbagai alasan medis lainnya.

Kemudian dokter bertanya, "Apa motivasi Bapak berangkat haji?". "Saya ini kalau wafat di tanah suci kan lebih bahagia. Kalau saya wafat di sana, saya akan makin dekat dengan Allah." See? Kita sebagai dokter tentu punya hati nurani, kira - kira manakah yang lebih penting? Dilarang berangkat berhaji, akan membuatnya semakin sedih, beliau tentu akan merasa tidak dapat menjalankan rukun islamnya secara utuh sebagai seorang muslim. Bahkan bisa jadi malah memperburuk status kesehatannya.

Ya, iman berperan dalam timbulnya suatu penyakit. Dengan keimanan yang kuat maka akan mempengaruhi hidup, kehidupan, dan penghidupan kita yang lebih baik. 

Sumber: dok.pribadi. Kami bersama dokter RE Rizal Effendy

dok.pribadi. Kami bersama dr. Hj. Susi Kania, M.Kes, dr. Arfan, Pak Udi, Pak Usman
dok.pribadi.
Kami bersama dr. Hj. Susi Kania, M.Kes, dr. Suherman, dr. Arfan, Pak Udi, Pak Usman

dok.pribadi. Bersama dr. Sahab Sibuea, M. Sc

“Dan (ingatlah kisah) Ayyub, ketika ia menyeru Tuhannya: “(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan yang Maha Penyayang di antara semua Penyayang”. Maka Kamipun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah”. (QS al-Anbiya: 83-84)

3 comments:

  1. This is what Zumba is all about, moving the world
    to a new addictive beat. She was named the 2010 Entertainer of the Year by Entertainment Weekly -- its youngest
    recipient since the magazine launched in 1990. As the entire
    body is trained to endure a greater cardiovascular workload- that means the heart and lungs
    have to function tougher- people organs turn into stronger and, in flip, enhance an individual's aerobic endurance.


    Here is my web site; เครื่องออกกำลังกาย

    ReplyDelete
  2. Apply once a day, preferably at night and increase to twice daily if your skin tolerates
    the serum. ' Fig stem juice can also be useful for removal of moles
    on facial area. Botox treatment will generally last for about three months, at which point you will need to receive more treatment
    to continue feeling the effects.

    Also visit my web site; เครื่องนวดหน้า

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete