Infeksi Bola Mata

Berhati-hati dalam penggunaan rebusan air daun sirih untuk pencuci mata. Salah – salah, mata merah malah bisa menjadi buta. Ini benar – benar terjadi. Ini minggu ke – 4 kami menjalani kepaniteraan klinik stase mata di RS Abdoel Moelok Bandar Lampung.

3 hari terakhir ini kasusnya selalu sama, tidak kurang dari 3 orang pasien menderita penyakit infeksi bola mata. Endoftalmitis namanya. Awal mulanya hanya berupa infeksi ringan, mata merah karena terkena gabah padi ketika panen. Kemudian mata menjadi semakin merah dan akhirnya membengkak. Awalnya mata masih bisa melihat, dalam kurun kurang lebih 2 minggu lama kelamaan menjadi kabur dan akhirnya  tidak bisa melihat sama sekali.

Endoftalmitis merupakan peradangan berat dalam bola mata, biasanya akibat infeksi setelah trauma atau bedah, atau endogen akibat sepsis. Berbentuk radang supuratif di dalam rongga mata dan struktur di dalamnya. Peradangan supuratif di dalam bola mata akan memberika abses atau nanah di dalam badan kaca. Penyebab endoftalmitis supuratif adalah kuman dan jamur yang masuk bersama trauma tembus (eksogen) atau sistemik melalui peradarahan darah (endogen).

Endoftalmatis eksogen dapat terjadi akibat trauma tembus atau infeksi sekunder pada tindakan pembedahan yang membuka bola mata. Endoftalmitis endogen terjadi akibat penyebaran bakteri, jamur, ataupun parasit dari fokus infeksi di dalam tubuh.

Bakteri yang sering merupakan penyebab adalah stafilokok, streptokok, pneumokok, pseudomonas, dan basil sublitis. Jamur yang sering mengakibatkan endoftalmitis supuratif adalah aktinomises, aspergilus, fitomikosis sportrikorm dan kokidioides.

Endoftalmitis merupakan penyakit yang memerlukan perhatian pada tahun terakhir ini karena dapat memberikan penyulit yang gawat akibat suatu trauma tembus atau akibat pembedahan mata intra okular. Peradangan yang disebabkan bakteri akan memberikan gambaran klinik rasa sakit yang sakit, kelopak merah dan bengkak, kelopak sukar dibuka, konjungtiva kemotik (edema) dan merah, kornea keruh, bilik mata depan keruh yang kadang – kadang disertai dengan hipopion. Kekeruan ataupun abses di dalam badan kaca, keadaan ini akan memberikan refleks pupil berwarta putih sehingga gambaran seperti retinoblastoma atau pseudoretinoblastoma.

Bila sudah terlihat hipopion keadaan sudah lanjut seingga prognosis lebih buruk. Karena itu, diagnosis dini dan cepat harus dibuat untuk mencegah berakhirnya dengan kebutaan pada mata.

dok. pribadi. Endoftalmitis,
terlihat kelopak merah dan bengkak sulit dibuka,
konjungtiva kemotik (edema), kornea keruh,
hipopion, visus 0 (buta)

dok. pribadi. endoftalmitis (lagi)
visusnya 1/~ (hanya bisa melihat cahaya)
Ya, berhati - hatilah dalam menggunakan obat - obatan. Terutama obat - obatan yang diramu sendiri, karena sterilitasnya tentu tidak dapat dijamin. Bukan berarti rebusan daun sirih tidak mengandung antimikroba, tapi jika dikerjakan secara tidak tepat, maka bukan khasiat yang didapat, melainkan bahaya yang mengancam.

Benda asing yang melukai mata, biasanya menyebabkan mata merah. Nah luka pada mata itulah yang merupakan celah bagi kuman untuk masuk dan menginfeksi mata. Ketika mata yang luka tersebut dicuci dengan air rebusan daun sirih yang tidak steril, maka tidak butuh waktu lama bagi bakteri dan jamur dari daun - daunan dan dari air tersebut untuk berkembang biak pada mata. Hasilnya,mata semakin merah, membengkan, infeksi memberat, serta tajam penglihatan menurun bahkan bisa buta.

So, jadi bahan pembelajaran untuk kita semua bahwa alam semesta ini sudah Allah ciptakan dengan sempurna. Setiap karya ada yang mencipta, Setiap penyakit ada sebab dan tentu ada obatnya. Tugas kita sebagai makhluk Allah adalah bersyukur dengan menjaga kesehatan diri, serta bijak dalam memilih obat.

"(Yaitu Tuhan); Yang telah menciptakan aku, maka Dia yang memberi petunjuk kepadaku. Dan Yang memberi makan dan minum kepadaku. Dan apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkan aku. Dan yang akan mematikan aku, dan kemudian akan menghidupkan aku (kembali)." (QS. Asy-Syu'araa : 78-81).

0 comments:

Post a Comment