Kedokteran Forensik - Melaju

2 Ramadhan jadi hari pertama kami menjalani stase kepaniteraan klinik kedokteran forensik. Di sini kami bakal belajar selama 4 minggu. Stase ini berbeda dari stase - stase sebelumnya, kalau biasanya kita ada follow up pasien hidup, nah di sini yang terjadi sebaliknya. Kita akan seringkali bertemu dengan yang sudah tidak hidup, tapi ada juga korban hidup, misalnya untuk pemeriksaan visum korban kekerasan atau pelecehan seksual.

Hari pertama, seperti biasa hari pertama dijadwalkan untuk berkenalan dengan seluruh staff dan dokter yang ada di instalasi forensik ini. Kami berjumlah 13 orang koas, 11 orang angkatan 2009, dan 2 orang lagi adik tingkat 2010. Selanjutnya pembagian jadwal jaga malam, setiap kali berjaga adalah 2 orang koas. Nah, jaga malam di forensik ini punya perbedaan dengan jaga di stase lainnya. Kalau ada pemeriksaan visum hidup, maka itu dilakukan oleh koas yang sedang berjaga, tentu dengan didampingi teknisi forensik yang juga berjaga malam. Tapi..kalau ada kasus-kasus visum mayat (bisa mayat anonim tanpa identitas, bisa juga mayat beridentitas yang dimintai oleh kepolisian untuk pemeriksaan luar saja), maka koas yang sedang berjaga wajib memberitahu seluruh koas lainnya untuk datang dan ikut dalam pemeriksan luar atau PL. 

Nah, di sinilah letak dag dig duernya. Walaupun koasnya tidak sedang berjaga, tapi setiap koas kudu standby bbm, telepon, dan volumenya juga disetting loud. Karena, kalau handphone berdering atau ada message di grup yang isinya, "ADA PL...Mayat sudah datang!", maka koas ber-11 (2 orangnya lagi yang sedang jaga) wajib secepat kilat datang menuju forensik. Kalau terlambat, hmmm....jangan coba - coba -__-

Hari pertama di stase ini enjoy banget, perkenalan sudah, pembekalan dari kepala ruangan juga sudah. Nah, waktu yang ditunggu - tunggu pun tiba. Waktunya koas pulang karena sudah pukul 14.00. Karena hari itu aku tidak berjaga, aku segera bergegas menuju ke pramuka untuk memenuhi janji dengan rekanku. Baru sampai di kompleks perumahannya, tiba - tiba ada bbm dari grup, "Ada kiriman mayat dari panjang, sedang dalam perjalanan...". Ah, belum juga tiba di kosan. Begini toh, rasanya. Aku segera tancap gas melaju dari pramuka ke kosan, ganti baju jaga hijau, langsung cus ke rumah sakit. Tjuuuus, melaju sekencang-kencangnya..hehe

dok.pribadi  Instalasi Forensik dan Kamar Jenazah
Oke, samapai di sana, lebih dari setengah anggota kelompokku sudah tiba, sebagian masih sibuk menghubungi yang lain yang belum datang. Responnya bermacam - macam, ada yang sedang otewe, ada juga yang belum bisa dihubungin karena  mungkin belum liat hp. :'') Ah, setidaknya jadi pelajaran, bahwa di stase ini harus on fire, harus sigap menunggu panggilan. Kalau bisa handphone-nya digantung headset di telinga biar kedengeran. 

Benar saja, karena sudah lebih dari 30 menit menunggu, dan kami masih kurang 1 personil, maka PL pun dilakukan tanpa 1 orang koas. Dirahasiakan namanya, sebut saja namanya koas M, ternyata koas M ini sedang mencuci baju di kosan dan lagi bilas bajunya. Karena azan ashar, maka koas M meninggalkan pakaiannya yang sedang dibilas. Koas M kemudian mengambil air wudhu dan masuk ke kamar. Betapa terkejutnya sang koas ini melihat 11 panggilan tak terjawab di handphone-nya. Setelah melihat kabar di grup kalau ada PL dan PL sudah dimulai, kata koas M ia segera melesat bak kilat menuju lokasi. hehe lebai ya. 
-__-"

dok.pribadi. Menanti koas yang lain datang untuk PL

dok.pribadi. Masih menanti, hubungin teman-teman

dok.pribadi. Menanti sampai personil lengkap,
sambil siap-siap pakai perlengkapan PL
Kasus pertama ini, adalah jenazah anonim (tak dikenal). Menurut cerita rekan-rekan, ditemukan oleh warga di sekitar pantai, sudah tanpa kepala dan lengan maupun tungkai yang tak lengkap. Paling tidak sudah lebih dari seminggu berada di air. Tugas koas forensik adalah membantu mengidentifikasi hasil pemeriksaan luar, mulai dari mendeskripsikan label mayat (jika ada), kemudian mendeskripsikan tutup/bungkus mayat, pakaian, perhiasan maupun benda di di samping mayat. Jangan lupa juga mendeskripsikan jika ada kaku mayat, lebam mayat, anggota tubuh mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, serta deskripsi luka - luka jika ditemukan.

Nah, kami segera membagi tugas, sebagian membantu teknisi untuk mengidentifikasi mayat, sebagian lagi bertugas mencatat serta mendokumentasikan gambar. Yang perlu jadi catatan adalah, ketika kita melakukan visum adalah, catat dengan bahasa yang JELAS (tidak ambigu) mengenai apa yang kita temukan, hati - hati dalam menggunakan bahasa, karena visum itu dibuat atas permintaan kepolisian dan akan bernilai hukum, sehingga wajib dapat dipertanggungjawabkan oleh dokter.

Pemeriksaan luar (PL) kasus pertama selesai sebelum azan magrib. Alhamdulillah bisa buka puasa di kosan. Ketika siap-siap sholat magrib, handphone-ku bunyi lagi, karena settingnya loud, jadi lah jantungnya juga agak loud detaknya. --" Ternyata ba'da isya kami diminta kumpul di forensik lagi. Kali ini bukan untuk PL, tapi untuk pengarahan oleh seorang teknisi senior, Pak Dedi. Kami diajari berbagai hal, mulai dari membahas mengenai PL yang kami sudah lakukan sore harinya, sampai dengan materi - materi yang harus kami kuasai sebelum kami meminta bimbingan konsulen atau dokter spesialis forensik. Sekitar pukul 22.00 aku dan rekan - rekan lainnya bisa pulang untuk beristirahat.

dok.pribadi. PL bersama pak dedi dan tulang (teknisi forensik)-Kasus pertama

Hari kedua di forensik..
Dini hari alhamdulillah aku bangun untuk sholat malam dan sahur. Tidak lama kemudian azan subuh berkumandang, feeling hari itu aku harus mandi lagi sebelum sholat subuh karena masih terbayang - bayang "aroma" kemarin, rasanya melekat di badan. Kemudian aku selesai tunaikan kewajiban 2 rakaat dan sudah siap dengan pakaian ngoas. Karena badan masih luamayan pegal dan langit masih gelap, sekitar pukul 5 pagi akhirnya kuputuskan untuk merebahkan badan sebentaaar saja (janjiku dalam hati). Belum sampai 5 menit, nyaris bersamaan ada bunyi pesan masuk dari grup dan telepon berdering, Huhhh.. jangan-jangan PL lagi gumamku."Kenapa neng..?'' , "PL ya Nora, mayatnya udah sampe, cepetan yaaa...". Ya Allah, bersyukur karena memang alhamdulillah sudah siap pakaian kuliah dan tinggal berangkat saja, tapi di satu sisi masih mencoba menerima kenyataan bahwa sekarang harus meninggalkan kasur dan berangkat.

Oke, tidak ada waktu lagi, MELAJU.....! :)
dok.pribadi. Kasus PL kedua- menghubungi rekan" yang lain.
Alhamdulillah sudah mandi, hehe.
 Sebagian yang lain masih tidur dan belum mandi habis sahur

 
dok.pribadi.
Tempat penyimpanan mayat yang belum diambil keluarganya
dok.pribadi. Koas forensik usai tunaikan kewajiban :)
Alhamdulillah dua hari di stase ini memberi banyak pelajaran. Bahwa betapa amat berharganya waktu, mesti lebih disiplin dan berhati - hati dalam bersikap. Objektif dalam menilai, mencatat apa yang benar - benar kita temukan, agar hukum dapat berjalan dan kebenaran bisa ditegakkan. Yang jelas menghargai manusia baik ketika hidup maupun ketika telah wafat, dan menyadari bahwa kita pun akan merasakan hal yang sama yaitu "mati".
“Katakanlah, Sesungguhnya, kematian yang kamu lari darinya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. al-Jumu’ah: 8)

0 comments:

Post a Comment